365 hari melawan patah hati

Yak,,, berhubung banyaknya temen gw yang lg patah hati,, nangis-nangis ga puguh (tp gw seneng, soalnya gw ada temen heehhehe, jahat ya gw?), akhirnya gw meng-up date blog ini. Hm,,, semoga bermanfaat (klo berhasil, tolong hubungin gw yak πŸ™‚ ).

Hari pertama

  • Hari yang paling berat. Banyak-banyak narik nafas dalem-dalem. Klo masih kurang tenang, ambil nafas lagi. Klo masih kurang, ambil nafas temen. Hehehehe… Yang jelas usahakan tetep nafas ya…
  • Tumpahin segala perasaan sedih. Mau nangis juga boleh. Namanya juga lagi sedih. Tidur, makan es krim, makan coklat. Tidur lagi. Leha-leha. Klo mau iseng, kirim rekaman tangisan kita ke salah satu production house sinetron. Kali aja ada sutradara yang terinspirasi bikin film berjudul Ratapan Anak King Kong Kang Kung. (Kingkong yg demen makan kangkung donk).
  • Bersyukur aja klo kita masih dikaruniai hati. Cuma manusia normal yang bisa sedih dan ngerasain patah hati.
  • Yakinin hati kita sendiri. Ucapin terus: “Gue bisa bertahan! Gue bisa ngelewatin masa-masa sulit ini!”. Ucapin berkali-kali. Sugesti diri kita sendiri. (Warning! Jgn dilakukan di mall ya,, bukan apa2 jauh bo. Mending di rumah. Irit ongkos)

Hari kedua

  • Bagim kisah sedih kita hanya ke orang yg bener2 deket dan bisa jaga rahasia. Ke nyokap misalnya. Klo punya kucing, ajak kucing kita diskusi soal patah hati. Kucing udah lama dipercaya sebagai pihak yang paling bisa ngejaga rahasia kita rapat-rapat.
  • Nonton film komedin yang banyak.

Seminggu kemudian

  • Jalan-jalan. Ngopi bareng temen. Mulai gaul lagi.
  • Tumpahin perasaan. Bisa lewat corat-coret tulisan, musik, lukisan, puisi, apa aja. (Bantuin gw bikin maket juga boleh kok. Dengan senang hati malah)
  • Olahraga yang banyak nguras energi. Nguras bak mandi juga boleh.
  • Jalan-jalan bareng temen. Misalnya jalan dari kamar ke dapur, bareng temen, terus masak bareng.
  • Semua barang yg ada hubungannya bareng dia, dibungkus rapat. Simpan di tempat tersembunyi. Hibahkan ke orang yang membutuhkan. Atau dijual. Lumayan hasilnya bisa buat beli mobil (lho?). Klo kebetulan pernah dapet hadiah mobil ferarri,,, nah, klo ini mah kasih aja ke gw.
  • Jangan menghubungi mantan. Tahan diri. Jangan nelpon, jangan kirim sms atau ngirim email. Ngirim telegram atau surat via pos apalagi (bukan apa-apa, ribet ah!)

Dua minggu kemudian

  • Gaul bareng temen-temen.
  • Ubah penampilan. Gaya rambut kek. Dandanan lain kek. (Misalnya tiba-tiba pake kostum bebek ke kampus)
  • Jangan hubungin mantan!

Tiga minggu kemudian

  • Ikut kegiatan yang menyita banyak waktu dan energi. Misalnya, ikut latihan lari marathon Bandung-Makassar, latihan nyanyi (dengan harapan pengajarnya putus asa ngelatih suara kita yang emang jelas-jelas hm,, tidak bagus).
  • Jadi sukarelawan kegiatan sosial. Belajar berempati sama penderitaan orang lain. Supaya kita dapet perbandingan: “bahwa masih banyak orangyang lebih susah ketimbang kita.
  • Jangan hubungi mantan!

Empat minggu kemudian

  • Tetep menyibukkan diri dengan macem2 kegiatan. Klo kurang, tambahlah. Misalnya kursus pijet, kursus ngeronda.
  • Jangan sekali-kali lari ke alkohol atau drugs. Pertama, haram. Kedua, ngerusak kesehatan jiwa-raga. Ketiga, norak (baru patah hati aja udah segitunya)
  • Mulai nyoba memulai hubungan baru. Tp ga perlu keburu-buru. Mulai hubungan ma kucing kek (sapa tau jd hobi melihara kucing, pan bisa beli di aku. hehhe)
  • Klo masih juga kerasa ngeganjel ya boleh aja sharing sama orang yang bisa dipercaya (aku tentu saja, contohnya). Yang di-sharingin ya soal patah hati ntu. Jangan sharing soal ngompol dicelana waktu masih bayi.
  • Jangan hubungi mantan!? Eh klo emang bener2 membutuhkan, boleh aja telepon mantan. Singkat aja. Tp ga usah curhat soal perasaan patah hati. Tanya aja soal gimana caranya membuat jus jeruk rasa alpuket (lho? gw juga bingung), misalnya. Atau tanya, “Kamu tau ngga jarak bumi-matahari?”.

Bulan ketiga sampe keenam

  • Mulai serius cari gebetan baru. Coba rasakan, kayaknya ada gairah baru. Dunia kelihatan berubah sekarang. Ternyata banyak cowo and cewe menarik di dunia ini, gw contohnya (klo mau muntah, muntah aja, gw udah duluan kok)
  • Klo perasaan patah hati terus berlanjut, hubungin psikologi. Ya ngga apa-apa. itung-itung nyari pengalaman baru. Buat beberapa org, patah hati itu susah dihapus. Butuh waktu lama untuk sembuh. Sabar. Tawakal.

Setahun kemudian

  • Syukuri klo kita bisa ngelewatin masa broken heart. Pengalaman itu nunjukin bahwa patah hati memang ngga enak. Karena itu juga, jangan patah hati lagi. Atau jangan sekali-kali mematahkan hati orang lain klo ga pengen kita jadi patah kaki.

Berdasarkan saran dari sebuah buku

 

Iklan

Februari 21, 2008. kisah cinta???.

11 Komentar

  1. ariebhewhe replied:

    makasih banget ya tips nya. gw di bilang patah hati juga ga, dibilang jarang ketemuan juga iya. yang jadi pertanyaan saya adalah : bagaimana jika patah hatinya karena di paksa? bisa hilang tidak ya … maksudnya begini duhh πŸ™‚ curhat! boleh kan? siapa tahu yang sudah ber pengalaman dalam patah hati bisa share… πŸ™‚ syurkur2 bisa buat club broken heart πŸ™‚ ups! lanjut bro πŸ™‚ begini ceritanya secara pendek…(soalnya kalau panjang capek nulisnya)
    pada bulan 3 yang lalu tepatnya pertengahan bulan NOVember 2007 saya di paksa ortu-nya untuk putus.padahal saya dengan dia sudah jalan 2 tahun dan selama saya jalan sama dia ortunya setuju banget dan memang kita berdua bukan pacaran tapi siap menuju kejenjang lebih tinggi cuma saya masih kuliah dan kerja juga. maksudnya saya ingin kelarin kuliah saya yang tinggal 1 semester lagi sambil mencari tambahan untuk biaya pernikahan begitu juga si DIA juga masih kuliah. pokoknya ortunya setuju banget. Tapi kenapa sekarang berubah ? itu kan pertanyaanya selanjutnya. benar atau salah kata DIA (yayang ku) dulu sewaktu masih bayi ortunya telah menjodohkan dia dengan temannya. singkat cerita setelah dewasa temannya ortu dia datang lagi dan meminta janji tersebut akhirnya saya yang dikalahkan.dan pacarku saat itu menerima permintaan ortunya dengan ancaman kalau memilih saya dia harus kelur rumah dan menjadi anak durhaka. dengan amat terpaksa dia memilih ortu. tapi saya tidak menyerah karena apa? karena saya yakin pada diri saya dia lah yang saya cari selama ini. dimataku dia lah yang sempurna walaupun di dunia ini tidak ada yang sempurna tapi dia telah membuat aku menjadi sempurna. πŸ™‚ wah jangan serius dong :)saya paksa dia apa benar keputusan tersebut? mungkin saat itu dia masih emosi dan pikiranya kacau tapi setelah tenang dan saya menjelasakan dan menyakinkan ke dia. akhirnya dia tetap jalan sama saya sampai saat ini…karena saya tahu dia sayang banget sama saya lebih jujur lagi dia yang pertama mengungkapkan isi hatinya kepada saya?dan dia juga tidak dapat membohongi dirinya karena kita sama – sama membutuhkan. akau mohon doa restunya agar aku bisa menjadi orang berhasil. karena calonya ini datang dengan menggunakan “KOPER GEDE” sedangkan saya datang hanya membawa “CINTA” yang pasti saya yang kalah. Tapi aku dah janji akan membuktikan kepada DIA kalau Aku bisa membahagiakan dia. dst….

    intinya adalah 3 bulan yang lalu saya ngerasa patah hati banget. tega banget dia memutuskan begitu saja. apa dia tidak tahu yang memualai api adalah dia. dan selama saya sama dia saya tidak pernah menduakannya dan saya selalu nurut apa yang dia katakan. sampai dia mutusin juga aku juga nurut tapi hati saya tidak bisa bohong. karena saya benar ini lah yang aku cari. patah hati aku sirnah dengan keyakinan pada diriku. aku berjuang mendapatkan dia? jadi maksuudnya jika kita bisa membuat yang patah bisa tumbuh lagi kenapa tidak di perjuangkan?

    inti yang ke 2. patah hati tidak bisa di lupakan begitu saja dia akan membekas untuk selamnya.

    inti yang 3 bagaimana saya bisa menyakinkan ortunya dan sama dia?

  2. achiet replied:

    menurut aku…. (menurut lho yah,, sok taunya seorang acit ne yah..)

    1. Klo patah hati, bukan bisa “tumbuh” lagi mungkin, tp “diperbaiki”. Nah, itulah siklus cinta. Dalam cinta ada siklusnya… Makanya, klo yg patah bisa diperbaikin, ngapain juga ada istilah “butuh diri karena patah hati” atau “lebih baik sakit gigi daripada sakit hati” (percaya dech, dua2nya ga enak):)

    2. Masalah bisa dilupain apa ngga, itu tergantung individu masing2, tergantung mindset kita. Apa yg terjadi sama kita, sebenernya apa yg kita pikirin. Secara ga langsung pikiran kita menariknya untuk mendekat (menariknya untuk menjadi nyata). Ya, gimana lu mau memilih, lupain and everything gonna be alright, or murung aja terus.

    3. Semua akan indah pada waktunya. Kembali ke pepatah lama, “Klo emank jodoh, ga akan lari kemana kok”
    πŸ™‚ Cinta emank complicated ya. Hm, tp ini cinta atau rasa ingin memiliki?

    Jadi inget temen aku Noman (bukan nama sebenernya -red). Ceritanya persis kyk kamu. Tp Noman mengikhlaskan sang cewe. Dia bilang itu semua Ok klo emank itu yg terbaik buat Mawar (bukan nama sebenernya, mawar ini si cewe)dan buat org banyak. Dan dia iklas atas apa pun keputusannya. Dia yakin Mawar telah memilih. Dan itulah yg terbaik buat Mawar, org yang dicintainya. Tp dia tetap menjaga hati n tetap keep contact.
    Takdir berkata lain, waktu yg menjawab. Ortunya yakin, cinta ga bisa dipaksain, dan anaknya lebih bahagia ma Noman. Singkat cerita mereka married dech.
    Hm,,, kyk cerita novel yah.

    Hm, apapun yg lo putusin nanti, lo harus yakin. Hidup memang untuk memilih. Dan setiap pilihan pasti ada resikonya. Jgn mpe menyesal, karena lu dah memilih. Tp hadapilah

  3. masih nunggu di traktir coto replied:

    heran.!!!

    emang sebanyak itu orang yang patah ati.
    jadi punya niat bikin sensus seberapa banyak orang patah hati. bentuk questoinernya kayak gini.

    1. Kenapa anda bisa patah hati.
    a. nunggu orang datang dari jauh pas rencana ketemu dia kgak datang
    b. injak something, pengen dicuci ga’ nemu toilet trus baunya nyebar kemana-mana
    c. karena ce/co, entah ce/conya mutusin kamu, di selingkuhin, ato ce/co itu berubah orientasinya (suka makan jeruk)

    2. Kenapa anda tidak bisa larut dalam patah hati.
    a. kurang makan hati.
    b. kurang vitamin cinta
    c. kebanyakan vitamin cinta

    3. klo patah hati enaknya kemana
    a. ke jurang ambil palet bawa kanvas terus melukis pemandangan (selain menentukan best suicide spot)
    b. ke laut pura-pura kagak tau berenang (disarankan bagi yang ingatannya kuat tidak memilih ini)
    c. dalam kamar nongkrong meroko’, nyalain kompi, buka ym , tulis blog trus nyari web yang ada tali pocongnya. hwahwahwahwahahahha

    4. berapa anda bisa melupakannya (si kampret, a**hole, an**ng)
    a. sebulan setelah baca blog ini
    b. setahun setelah baca blog ini
    c. sebelum/setelah pikiran dangkal mulai masuk dalam otak kamu

    tolong jawabannya di kirim ke email di bawah ini
    yukikaze11387@gmail.com

  4. kirei_na replied:

    maksih ya tips ya bagus…

    tapi saat patah hati…..aku g bisa nangis…n g bisa tertawa lepas…

    saat teringat dia, rasanya pengen marah n nangis.tp aku malah g bisa ngeluarin rasa itu..yang ada aku jadi pendiam..

    ada sich beberapa cowok yg ngejar2 aku..tp gara2 aku patah hati…aku jadi malez ketemu ma mreka….

    aku pengen banget nangis..tp g bisa.apa karena dia dah terlalu sering nyakitin aku ya? jadi air mataku dah kering kerontang…

    ah pusingggggg

    solusinya gimana dong supaya aku bisa nangis

  5. achiet replied:

    klo menurut gw, perasaan lo, jgn dipendem ndiri,, ceritain semua yg lo rasain ke org yg BISA lo percaya. Yg ngertiin lo.

    Patah hati ga harus nangis kok. Justru dgn lo ga nangis, nunjukin klo lo bukan cewe cengeng, tp cewe tegar yg patut diperhitungkan.

    Hm,, gampang emang ngomong n sulit dilakuin, tp ngapain sich lo mikirin cowo yg selalu nyakitin lo? Sedangkan masih banyak cowo yg tulus ma lo, yg syg ma lo, yg mau nerima lo apa adanya.

    Jgn biarin dia merasa “wah” dgn km menutup diri ke org lain.Tunjukin klo dia bakal nyesel udah buat lo kyk gini.

    Mungkin dgn kejadian ini, nunjukin klo bukan dia yg terbaik buat lo. Mungkin lo terlalu baik buat dia. Dan lo layak dapet yang terbaik.

    Hidup ini terlalu singkat untuk bersama org yg salah. Dan hidup lo juga masih panjang dan terlalu indah untuk disia2kan.

    (hehehhe,,, sotoy ya gw}

  6. kirei_na replied:

    thanks nasehatnya..

    ok dech…aku mau berusaha buat dia nyesel dah pergi dari aku..

    mungkin aku rajin berolahlaga biar badan jadi sexy, terus muka tambah dicantikin…terus otak di tajemin…biar jadi cewek sempurna….

    terus klo dia minta kembali..

    aku akan bilang kembalilah kelaut sana..

    hahahhaha

    makasih commentnya yach…

  7. achiet replied:

    Semangaddd…… Aku mendukungmu,,,,,,,,

  8. kelincipiknik replied:

    Saran2 ny sangat inspiratif, edukatif dan smangatif. Gw br 2 bln ni ‘puasa’ kontak ma dy. Nahan diri n bikin hari2 gw sibuk, sendiri atw ma tmen2. Kerasa pedihnya cuma pas kl lg d wc atw lg mo bo2, paling cuman 2 menitan inget, abis tu lupa deh.. πŸ™‚

  9. kucingputih replied:

    hehhehe lebay,,,

    tapi syukur klo ini cukup membantu,,,

    jgn sedih yak, masih banyak pangeran tampan menunggumu
    hehehhe

  10. Dosen geblek replied:

    Beuh…Gex2 n’ usefull pisan eta posting,.Thank u nya heu’euh..

    Btw, gw b0leh curhat tak cit??,mang ci,ni gk ad hubx ma posting lu yg ni tp mngkin ni ada hubngn ma posting lu yg “pacaran gak pacaran”
    ehm..
    Ehm..gini lho cit !!
    Bbrapa wkt blkngn ini gw gi didktin ma se0rg cw imut (mnurut gw), dy ade kelas gw, qt beda 2 tngkatan dikmpus…Sngkatx qt jd sring b’2,pkkx dmn ada dy distu ada gw,,,selidik pnya selidik,tnpa sdr dy prnah blg ke gw,alsan knp Dy ngdketin gw, dy tu pngn ngbuat cw0 dikmpus pd ilfil n’ gk ngdekitin dy c0z dy dah pnya cwo yg gi kul diluar kota..Intinya,GUE JADI ALAT (f**k!!),awalnya gw anggep dy adek (pungut) gw, dgn snang hati gw ngbantu dy,mlakukan misi penting “buat cowo2 kampus gue pada illfel”, tapiii… apa yg trjadi??,. N0w I’m fallin love with her… OH TIDAK.. Gw bner2 gk ngharepin ni trjdi pd gw (why?) c0z sprti yg gw crtain tdi,dy dah pnya cw0 yg dy cintai dgn spnuh hati (ceilah!!)….Anehnya… Pas gw ngrasa kyk gini,dy malah mulai ngejauh dr gw, pdhl gw biasa2 aja klo gw ktmu ma dy (prsis sblum gw mulai jatuh cinta ke dy), gw bner2 nutupin rasa ska gw kalo gw gi dket ma dy…
    Menurut lo,
    apa yg musti gw lakuin di saat sprti ni??,.
    Gw tnggu y reply lo.. Thank u, lam kenal dr gw ido-si dosen geblek

  11. Mandala putra dewa replied:

    Klo sy lg skit ht
    cra nglwny
    ya,,cri sesuatu yg ssh d cri
    biar lpa_trus mkn yg enak”
    udh knyng tdur
    ntr jg skit htiny ilng brsma impian…he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Trackback URI

%d blogger menyukai ini: